Kesehatan

Hai … rekans…, pada halaman lain dari blog ini,sy pernah nulis tentang acara Siraman Kalbu Bengkel Hati di TPI. Nah … setelah kuingat-ingat, ternyata sy pernah mengikuti pengajian dengan isi tausyiah yang sejalan dengan acara ini. Kebetulan juga, sy masih menyimpan copy-an materi pengajian tersebut.

Nah … ini sy kutipkan disini :

Materi Pengajian : Sehat dengan Berakhlak Mulia.

Sesungguhnya Allah Yang Maha Rahman dan Rahim menciptakan apa yang ada di alam semesta penuh dengan perhitungan/takaran. Segala kejadian yang ada di alam semesta ini tidak ada satupun yang luput dalam pandangan Allah.

Allah yang Maha Rahman dan Rahim telah mengutus seorang rasul yang akan mengajarkan bagaimana manusia menjalani kehidupan ini, agar kebahagiaan hidup di dunia dan akherat akan tercapai. Allah telah mengutus para nabi – nabi, dari nabi Adam sampai nabi Muhammad SAW, semua itu dilakukan oleh Allah tidak lebih dari sifat Rahman dan Rahimnya Allah guna menyelamatkan manusia dari hal – hal yang menghancurkan dirinya.
Nabi Muhammad diutus Allah menjadi penutup para nabi dan Membawa Al-qur’an sebagai petunjuk dan pedoman bagi orang yang ber-Taqwa. Di dalam al-qur’an telah di jelaskan apa – apa yang sebenarnya dapat menjadikan manusia di timpa adzab atau musibah.

Qs.An-Nisa’[4]:111. Barangsiapa yang mengerjakan dosa, maka sesungguhnya ia mengerjakannya untuk (kemudharatan) dirinya sendiri. Dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.

Qs.Asy-Syuuraa[42]:30. Dan apa saja musibah yang menimpa kamu maka adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, dan Allah memaafkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahanmu).

Lalu adakah hubungan antara akhlak dan kesehatan, Allah telah menjelaskan di salah satu ayat-Nya :
Qs.Yunus ( 10 ) : 57
Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu pelajaran dari Tuhanmu dan penyembuh bagi penyakit-penyakit (yang berada) dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman.
Qs.Asy-Syuuraa[42]:30. Dan apa saja musibah yang menimpa kamu maka adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, dan Allah memaafkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahanmu).

Setelah Allah menerangkan bagaimana manusia bisa menjadi menderita, terkena musibah ( sakit ), maka di ayat yang lainnya Allah telah memberikan jalan keluarnya :

1. Qs. Asy – Syuuraa ( 42 ) : 31
Dan kamu tidak dapat melepaskan diri (dari azab Allah) di muka bumi, dan kamu tidak memperoleh seorang pelindung dan tidak pula penolong selain Allah.

2. Qs. Al-A’Raaf [7] : 55.
Berdoalah kepada Tuhanmu dengan berendah diri dan suara yang lembut. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas

3. Qs. Al-A’Raaf [7] : 56.
Dan janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi, sesudah (Allah) memperbaikinya dan berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut (tidak akan diterima) dan harapan (akan dikabulkan). Sesungguhnya rahmat Allah amat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik.

Demikian gambaran singkat Mengenai Maha Rahman dan Rahimnya Allah, di dalam menyelamatkan hambanya dari segala musibah dan penderitaan hidup di dunia ini, termasuk sakit……..*)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


%d bloggers like this: